Selasa, 30 April 2013

Business Plan " Siomay K - POP "


FAKULTAS EKONOMI
STUDENT SATURDAY MARKET
BUSINESS PLAN


SIOMAY K-POP






JUWITA SINAGA
120502144
S1 MANAJEMEN



UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
MEDAN
2013




1. DATA PERUSAHAAN

1
Nama Perusahaan
Siomay K-pop
2
Bidang Usaha
Kuliner
3
Jenis Produk
Siomay
4
Alamat Perusahaan
Jl Jamin ginting Gg.sarmin No79
5
Nomor Telepon
089613160032
6
Alamat Email
7
Situs Web/Blog
Siomayk-pop.blogspot.com
8
Mulai Berdiri
25 September 2012


          2. BIODATA OWNER & INVESTOR

1
Nama
Juwita Sinaga
2
Jenis Kelamin
Perempuan
3
Tempat, Tanggal Lahir
Pematangsiantar, 08 Juli 1993
4
NIM Lengkap
120502144
5
Program Studi
S1-Manajemen
6
Alamat
Jl. Jamin Ginting Gg Purba No 1
7
Telepon/HP
087749034633
8
E-Mail
9
Peran Dalam Perusahaan
Direktur


1
Nama
Agung Pratama
2
Jenis Kelamin
Pria
3
Tempat, Tanggal Lahir
Medan, 12 Juli 1994
4
NIM Lengkap
120502143
5
Program Studi
S1-Manajemen
6
Alamat
Jl Sembada 16 No. 15
7
Telepon/HP
087869555800
8
E-Mail
9
Peran Dalam Perusahaan
Anggota




1
Nama
Netty Desi M
2
Jenis Kelamin
Perempuan
3
Tempat, Tanggal Lahir
Pematangsiantar, 03 Desember  1993
4
NIM Lengkap
120502146
5
Program Studi
S1-Manajemen
6
Alamat
Jl. Berdikari No 36
7
Telepon/HP
085277229937
8
E-Mail
9
Peran Dalam Perusahaan
Anggota


1
Nama
Bima Junita Sari
2
Jenis Kelamin
Perempuan
3
Tempat, Tanggal Lahir
Medan,18 Juni 1994
4
NIM Lengkap
120502167
5
Program Studi
S1-Manajemen
6
Alamat
Jl. Jamin Ginting Gg. Sarmin No.79
7
HP
089613160032
8
E-Mail
9
Peran Dalam Perusahaan
Anggota


1
Nama
Juri Kie
2
Jenis Kelamin
Perempuan
3
Tempat, Tanggal Lahir
P.Siantar, 3 Juni 1994
4
NIM Lengkap
120502177
5
Program Studi
S1-Manajemen
6
Alamat
Jl. Pagaruyung no. 6
7
Telepon/HP
089668723464
8
E-Mail
9
Peran Dalam Perusahaan
Anggota




 EXECUTIVE SUMMARY

Ø Profil Perusahaan
          Melihat sedang boomingnya girlband dan boyband di era ini, contohnya saja seperti di korea yang dikenal dengan K-POP,para kumpulan boyband dan girlband di korea yang sedang mendunia saat ini. Maka, perusahaan kami bernama. Siomay kacang ala korea merupakan produk khas dari jenis kuliner kelompok kami. Walaupun siomay ini berbentuk ala korea, namun siomay yang kami tawarkan tetaplah masih mencirikan nasional kita Indonesia, yakni siomay kacang yang asal - usulnya dari kota Bandung.
            Usaha ini didirikan tepatnya pada tanggal 25 September 2012 yang dikelola bersama teman - teman kampus FE USU, tepatnya jurusan S1 Manajemen. Nama direktur usaha ini adalah Juwita Sinaga yang mengelola usaha kuliner ini bersama teman - teman yang menjadi anggota dalam usaha siomay tersebut.

 Logo Perusahaan




Ø Jenis Komoditas yang Diproduksi
            Siomay pada umunya berbentuk bulat seperti bakso atau berbentuk oval seperti pempek, maka perusahaan kami ingin membuat siomay yang lebih unik dengan bentuk orang ala korea dengan tetap menggunakan saos kacang khas dari Bandung.

Ø Nilai Penjualan Perhari
Target yang harus dicapai dalam penjualan 1 hari : 50 porsi
TABEL PENJUALAN
Nama Barang
Kuantitas
@
Total Harga
Siomay K-POP
50 porsi
Rp 10.000,-
Rp 500.000,-


Ø Prospek Pengembangan Usaha
Situasi pasar  akan ramai dengan pembeli, dan tentu saja ada nada pesaing usaha kami. Distribusi dilakukan secara langsung setelah selesai proses produksi. Promosi yang kami lakukan dengan memasang label nama pada kemasan produk kami, yakni “SIOMAY K – POP”, pemberitahuan secara langsung, dan menggunakan brosur dan juga promosi lewat twitter dan facebook dan BBM untuk menginformasikan kepada semua kawan – kawan. Kami juga sudah membuat prospek pengembangan penjualan , yaitu penjualan seiring berjalannya waktu akan meningkat dan memberikan keuntungan. Tidak hanya itu, usaha ini berpeluang menjadi usaha yang lebih besar lagi.


Ø Kebutuhan dan Sumber Dana
Sumber dana usaha siomay ini adalah hasil pengumpulan dana dari masing - masing anggota siomay K-POP. Dengan modal bersama ini, kami berusaha agar modal kami dapat kembali secepatnya. Tetapi tidak menutup kemungkinan bagi kami untuk meminjam modal dari pihak lain jika kelak kami ingin memperbesar usaha kuliner kami ini di kemudian hari.

Ø Rencana Penggunaan Dana
Dana yang telah terkumpulkan, akan kami gunakan untuk membeli bahan - bahan dalam pembuatan siomay dan juga untuk membeli perlengkapan lainnya yang kami butuhkan, seperti pengemasan, untuk pembuatan merk dan logo ataupun memenuhi beberapa kekurangan alat yang kami butuhkan dalam proses produksi.


         

ANALISIS IDE PRODUK DAN PRODUKSI
1.     ANALISIS PRODUK
Siomay K-POP adalah cemilan sekaligus santapan yang nikmat, dengan bahan utama ikan tenggiri. Siomay ini unik dengan bentuknya yang ala korea, dilengkapi dengan telur yang bergizi dan tak lupa saos kacang yang hangat, wangi dan lezat pastinya. Dapat dinikmati hanya dengan harga Rp 10.000,-. Proses pembuatan siomay ini, tidaklah begitu rumit. Siomay K-POP sangat cocok untuk dikonsumsi siapa saja dalam suasana apa saja dan dimana saja. Siomay K-POP dalam pembuatannya tidak menggunakan bahan pengawet dan juga bahan kimia lainnya, sehingga sangatlah sehat dan bergizi untuk dikonsumsi khususnya para mahasiswa karena adanya telur dalam siomay ini yang mampu memebrikan kandungan protein pada mahasiswa. Dalam label packaging usaha kami, tertera juga logo halal, sehingga dapat dinikmati oleh semua kalangan.

          Label kemasan produk







·        Logo Perusahaan 
Logo ini kami buat mengingat banyaknya para fans terhadap  para boyband dan girlband korea yang booming dengan sebutan k - pop. Siomay K-POP adalah cemilan sekaligus santapan yang nikmat, dengan bahan utama ikan tenggiri. Siomay ini unik dengan bentuknya yang ala korea, dilengkapi dengan telur yang bergizi dan tak lupa saos kacang yang hangat, wangi dan lezat pastinya.Untuk membuat keunikan produk perusahaan kami, kami membuat bentuk orang pada siomay sehingga memberikan ciri dari korea yang berbeda dengan bentuk siomay yang dijual di pasaran.

·        Motto
          " Jangan ngaku beken, kalau belum nyobain siomay K - POP "
Motto ini menarik setiap kalangan untuk mau mencoba siomay tsb, dengan memberikan rasa penasaran pada benak para konsumen, apa yang dimaksud dengan siomay K - POP khususnya para penggemar K - POP.
·        Komposisi
Komposisi dari siomay K - POP adalah :
*       ikan tenggiri
*       tepung sagu
*       garam
*       kentang
*       telur
*       tahu
*       kacang tanah
*       penyedap rasa
Note : komposisi ini kami dapatkan dari Pasar SORE, Padang Bulan

·        Label halal



Perusahaan memastikan, bahwa produk yang kami jual adalah halal.



·        Contact Person
Contact Person : Juwita (0877 4903 4633)
Sebagai wujud rencana pengembangan usaha, perusahaan menerima pesanan dari konsumen yang ingin memesan produk. Perusahaan juga menerima kritik, saran, dan komentar yang dapat meningkatkan dan memperbaiki kualitas produk perusahaan. Konsumen dapat menghubungi pihak perusahaan melalui nomor kontak yang dapat dihubungi melalui telepon ataupun sms langsung yang tertera pada kemasan.

·        Komentar Konsumen
Sebelum kami memasarkan produk kami ke pasar, kami menanyakan beberapa pendapat dari beberapa orang dari berbagai kalangan mengenai produk yang kami tawarkan. Berikut adalah kesimpulan dari pendapat mereka :
Produk Siomay K-Pop tersebut sangat unik dan menarik
Ada rasa penasaran mengenai produk yang ditawarkan seperti beberapa dianatara mereka menanyakan arti dari packaging yang kami buat.
Ketika ditanyakan apakah mereka mau membeli produk kami saat kami menawarkan produk ke pasar, mereka menjawab mau.


 
Yang membeli contoh produk
Nama                 : Wina
Jurusan              : D-3 Keuangan
Harga                 : Rp 10.000,-

Pendapat Wina mengenai produk :
·        Produknya lucu dan menarik
·        Logo yang digunakan sesuai dengan produk
·        Kombinasi desain cover produk dan isinya sangat berkesan

Kesimpulan
Perusahan menarik kesimpulan, bahwa kesan pertama dari produk perusahaan menurut masyarakat sekitar adalah baik, lucu dan khususnya unik sekali. Pandangan pertama produk membuat para konsumen menjadi penasaran dan ingin mencobanya.



1.     ANALISA PEMASARAN
Target dan pangsa pasar kami saat ini masih dalam lingkungan kampus USU, khususnya FE USU dan lebih tepatnya lagi jurusan S1 Manajemen. Siomay K-POP yang kami tawarkan walaupun bernama dan berala korea, namun tidak luntur dari khas tradisional Indonesia. Siomay ini menggunakan saos kacang, layaknya siomay kacang yang berasal asli dari kota Bandung. Harga yang ditawarkan oleh perusahaan kami adalah Rp 10.000,- per porsinya. Promosi yang kami lakukan dengan memasang label nama pada kemasan produk kami, yakni “SIOMAY K – POP”, pemberitahuan secara langsung, dan menggunakan brosur dan juga promosi lewat twitter dan facebook dan BBM untuk menginformasikan kepada semua kawan – kawan. Untuk menarik para konsumen, perusahaan kami berencana untuk melakukan diskon pada beberapa orang pembeli pertama, ataupun gratis minum bagi konsumen. Strategi ini kami rencanakan, dilihat dari kebanyakan orang lebih memilih produk makanan yang memilki rasa lezat, murah dan unik yang membuat konsumen penasaran.

          4. ANALISA OPERASIONAL
Usaha kuliner perusahaan kami, sejauh pengmatan perusahaan, sangatlah berkompeten untuk maju dan terus berkembang. Sebab siomay yang kami tawarkan sangatlah unik dan mempunyai ciri khas / difrensiasi dari produk lain yang mampu membuat konsumen mengingat akan produk kami. Hambatan yang kami prediksikan akan menghambat kierja perusahaan kami adalah situai persaingan yang belum dapat kami ketahui, khususnya jenis barang yang akan diperjualbelikan oleh para pesaing kami.

          5. TARGET USAHA  
Target usaha perusahaan kami adalah mahasiswa USU, khususnya mahasiswa Fakultas Ekonomi USU dan lebih tepatnya lagi mahasiswa jurusan S1 Manajemen dan masyarakat sekitar. Tetapi tidak menutup kemungkinan siomay K-POP untuk dikonsumsi dan diminati oleh masyarakat umum di semua kalangan umur yang akan kami tawarkan melalui beberapa jaringan sosial seperti twitter, facebook ataupun BBM. Pangsa pasar yang kami estimasi juga meliputi area Kantin Teknik Universitas Sumatera Utara.     


          6. ANALISA KEUANGAN
SIOMAY
Bahan
Kuantitas
Total Harga
Ikan tenggiri
1 kg
Rp  40.000
Tepung kanji
1 kg
Rp  15.000
Telur
25 butir
Rp  25.000
Garam
1 bungkus
Rp    4.000
Tahu
20 potong
Rp  10.000
Kentang
1 kg
Rp    8.000
Kol
1 kg
Rp  10.000
Air secukupnya

Total
                    Rp  112.000,-




SAOS
Bahan
Kuantitas
Total Harga
Minyak
1/2 kg
Rp 10.000
Cabe Rawit
3 ons
Rp 15.000
Kacang goreng
1/2 kg
Rp 25.000
Gula Merah
1 ons
Rp   3.000
Air secukupnya

Total
                    Rp 53.000,-



Packaging
Bahan
Kuantitas
Harga
Kotak Nasi
 50 buah
 Rp  20.000
Sendok Plastik
 50 buah
 Rp  15.000
 Total
                  Rp  35.000,-






Total biaya pengeluaran adalah sebesar
 Rp 200.000,


Bahan dan Bumbu :
  • 200 gram ikan tenggiri
  • 250 gram tepung aci/ sagu
  • 1 sdm garam
  • 100 gram putih telur
  • 10 butir bawang merah yang dihaluskan
  • 6 siung bawang putih yang dihaluskan
  • Kacang tanah
  • I sdm gula
  • kentang, kol dan telur sebagai pelengkap

CARA MEMBUAT SIOMAY :
    1. Siapkan semua bahan yang dibutuhkan






 2. Campur ikan, dan garam, aduk rata. Masukkan putih telur, bawang merah, dan bawang putih, aduk hingga rata. Masukkan tepung aci/ sagu, aduk hingga rata. 
 

 3.      Adonan yang telah jadi di bentuk bulat-bulat (jangan terlalu bulat karna masih akan dibentuk)

 
 

         4.  Kukus siomay dan semua pelengkap dalam dandang panas hingga matan
         5.Sajikan siomay dan pelengkapnya dengan siraman bumbu kacang.

Siomay ini untuk porsi 1 orang.




CARA MEMBUAT BUMBU KACANG SIOMAY :
  1. Goreng cabai merah dan bawang merah. Angkat, haluskan. Campur bumbu halus dengan kacang tanah, gula, garam, dan sedikit air, aduk rata.




     2.  Panaskan bumbu kacang sampai mendidih. Sajikan sebagai siraman siomay.


PACKAGING
Siomay yang telah jadi dibentuk segi empat (atau sedikit trapesium) kemudia kentang dipotong melintang. Telur yang telah direbus sebelumnya dibelah dua. Kemudian disusun dan dimasukkan ke tempat penyajian.





B. Penjualan
TARGET PENJUALAN
Nama Barang
Kuantitas
@
Total Harga
Siomay K-POP
50 porsi
Rp 10.000,-
Rp 500.000,-

Total penerimaan  penjualan : Rp 500.000

Keuntungan yang didapatkan dalam 1 hari penjualan :
LABA = PENJUALAN - MODAL
          = Rp 500.000 - Rp 200.000
          = Rp 300.000,-

 
Penjualan Contoh Barang













                 Kemasan Produk

 

        Contoh Produk



         Bunbu kacang          




Berikut adalah rencana arus kas perusahaan selama 4 bulan dengan perkiraan produk yang terjual berjumlah sama pada tiap penjualan di lingkungan universitas dan berjumlah sama pada tiap penjualan di lingkungan masyarakat umum.

RENCANA ARUS KAS
Siomay K - POP
5 MEI 2013
A. PENERIMAAN
APRIL
 MEI
JUNI
JULI
     Penerimaan Penjualan
Rp 500.000
Rp 700.000
Rp 1.000.000
Rp 1.000.000
Sub Total Penerimaan
Rp 500.000
Rp 700.000
Rp 1.000.000
Rp 1.000.000
B. PENGELUARAN




     Pembelian Aset (Investasi)
Rp   35.000
Rp     49.000
Rp       70.000
Rp       70.000
     Pembelian Bahan Baku
Rp 112.000
Rp    157.000
Rp     224.000
Rp     224.000
     Biaya Produksi Lain-Lain
Rp   53.000
Rp      74.000
Rp     106.000
Rp     106.000
Sub Total Pengeluaran
Rp 200.000
Rp    280.000
Rp     400.000
Rp     400.000
C. SELISIH KAS
Rp 300.000
Rp    420.000
Rp     600.000
Rp     600.000
D. SALDO KAS AWAL
Rp 500.000
Rp    800.000
Rp  1.220.000
Rp 1.820.000
E. SALDO KAS AKHIR
Rp 800.000
Rp 1.220.000
Rp  1.820.000
Rp 2.420.000







Tidak ada komentar:

Posting Komentar